Doa Mustajab Dan Amalan Wirid Ampuh

Kumpulan Amalan Wirid dan Doa Mustajab

Fadhilah dan Keutamaan Surat Al Mulk (Tabarak)

loading...
Fadhilah dan keutamaan surat Al Mulk (Tabarak). Surat Al Mulk tergolong dalam surat Makkiyah yang terdiri dari 30 ayat. surat ini merupakan salah satu surat di dalam Al Qur’an yang mempunyai keistimewaan. Keistimewaan tersebut telah di ketahui oleh Beliau Rasulullah SAW yang menyebutkan tentang kelebihan dan khasiat dari surat Al-Mulk dalam salah satu sabdanya. Dan Rasulullah SAW juga mengatakan bahwa dapat menjaga dan memelihara bagi pembaca nya dari Azab Kubur yang Pedih.
Fadhilah dan Keutamaan Surat Al Mulk (Tabarak)
Karena keistimewaan atau fadhilah yang sangat luar biasa itu. Maka dengan membaca surat Al Mulk secara istiqomah. Pasti anda akan mendapatkan khasiat bagi yang mau untuk mengamalkan ayat ini setiap harinya. Adapun fadhilah atau keistimewaan membaca surat Al Mulk sebagai berikut (penuhkesukuran).

Fadhilah dan Keutamaan Surat Al Mulk (Tabarak)

Dari Abu Hurairah radhiyalla hu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

Satu surat dalam Al-Qur’an yang terdiri dari 30 ayat. Pada hari kiamat akan memberi syafa’at dengan izin Allah Ta’ala. Bagi orang selalu membaca nya dengan merenungkan artinya surat ini. Sehingga Allah mengampuni dosa2 nya. “Maha Suci Allah Yang ditangan-Nyalah segala kekuasaan / kerajaan dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu”.
Dalam riwayat lain : “Sehingga dia di keluarkan dari neraka. Dan dimasukkan ke dalam surga” (HR Abu Dawud no. 1400), (at-Tirmidzi no. 2891), dan (Ibnu Majah no. 3786). Ahmad (2/299) dan (al-Hakim no. 2075 dan 3838), di nyatakan shahih oleh imam al-Hakim Dan di sepakati oleh imam adz-Dzahabi serta dinyata kan hasan oleh imam at-Tirmidzi dan syaikh al-Albani.

Hadits yang Agung ini menunjukkan besar keutamaan membaca surat ini secara kontinyu. Karena merupakan sebab untuk mendapatkan syafa’at dengan izin Allah Ta’ala.

Hadits ini semakna dengan hadits lain dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersada : 

“Satu surat dalam Al-Qur’an yang hanya terdiri dari 30 ayat akan membela orang selalu membaca nya di hadapan Allah Ta’ala sehingga dia akan dimasukkan ke dalam surga, yakni surat Al-Mulk : “Maha Suci Allah Yang di tangan-Nyalah segala kekuasaan/kerajaan” (HR ath-Thabarani dalam al-Mu’jamul ausath no. 3654) dan (al-Mu’jamush shagiir” no. 490), di nyatakan shahih oleh al-Haitsami dan Ibnu hajar (di nukil dalam kitab “Faidhul Qadiir” 4/115) dan di nyatakan hasan oleh syaikh al-Albani dalam (“Shahiihul jaami’ish shagiir” no 3644).

Imam Muhammad Al-Baqir sa : ”Bacalah surat Al-Mulk karena surat ini akan menjadi penyelamat dari siksa kubur’’.

Beberapa faidah penting terkandung dalam hadits ini :

1. Keutamaan dalam hadits ini diperuntukkan bagi orang selalu membaca surat al-Mulk. dengan secara kontinyu di sertai dengan merenungkan kandungannya dan menghayati artinya.

2. Surat ini termasuk surat-surat Al-Qur’an yang biasa dibaca oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sebelum tidur dimalam hari. Karena sebab Agung nya kandungan makna nya (HR at-Tirmidzi no. 2892) dan Ahmad (3/340), di nyatakan shahih oleh syaikh al-Albani dalam “ash-Shahiihah” (no 585).

3. Sebagian dari ulama ahli tafsir menamakan surat ini dengan pelindung/penjaga dan penyelamat dari azab kubur. (Lihat dikitab “Tafsir al-Qurthubi” (18/205). Tetapi penamaan itu disebutkan dalam hadits yang lemah (Lihat kitab “Dha’iifut targiibi wat tarhiib” (no 887).

4. Al-Qur’an akan memberikan syafa’at dengan izin Allah. Bagi orang membaca nya dengan menghayati artinya dan mengamalkan isinya (Lihat di kitab “Bahjatun naazhiriin” (2/240).

Sebagaimana dari sabdah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Bacalah al-Qur’an, karena sesunguhnya bacaan Al-Qur’an itu akan datang pada hari kiamat untuk memberi syafa’at bagi orang2 yang membacanya sewaktu di dunia. (HSR Muslim (no 804).
Subhanallah itulah mengenai fadhilah dan keutamaan surat Al Mulk (tabarak). Marilah kita membaca amalan Surat Al Mulk ini dengan Istiqomah, agar nanti menjadi penyelamat dari siksa kubur Amin..........

loading...
loading...
Back To Top